Text
Skripsi : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MEDIA SINKRON DAN ASINKRON PADA SISWA KELAS X SMA SANTO YUSUF SEMARANG TAHUN 2021 CD Skripsi
ABSTRAK
Yohanes Tagi (2021), Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi
dengan Media Sinkron dan Asinkron Pada Siswa Kelas X SMA Santo Yusuf
Semarang Tahun 2021, Program Studi Geografi, Fakultas Pendidikan Geografi
Universitas Ivet Semarang, 53 Halaman
Pada masa pandemi sekarang ini dengan kondisi new normal diharuskan bagi
semua sekolah menggunakan pembelajaran sistem daring, baik menggunakan
media sinkron maupun asinkron. Adanya peraturan pemerintah memberlakukan
sistem tersebut, mau tidak mau haruslah dijalankan. Beberapa siswa menyukai
media sinkron, namun beberapa siswa lain lebih menyukai media asinkron.
Meskipun demikian, kedua media tersebut haruslah membawa manfaat yang positif
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya mata pelajaran geografi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media
sinkron dan asinkron secara individu terhadap peningkatan prestasi belajar pada
siswa kelas X SMA Santo Yusuf Semarang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan
untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sinkron dan asinkron secara
bersama-sama (simultan) terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas X
SMA Santo yusuf Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji
pearson product moment, uji t, dan uji F. Sedangkan populasi dan sampel yang
digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Santo Yusuf Semarang yang
berjumlah 80 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat baik antara
sinkron dan asinkron terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas X
SMA Santo Yusuf Semarang. Selain itu, jika dilihat dari uji t, sinkron mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil sebesar
2,811 dengan signifikansi 0,006. Lain halnya dengan asinkron, pada uji t
menunjukkan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan dengan hasil -0,081
dengan signifikansi 0,936. Disamping itu, pengaruh sinkron dan asinkron terhadap
peningkatan prestasi belajar pada uji F menunjukkan bahwa variabel sinkron dan
asinkron secara simultan (bersama-sama) dapat mempengarugi prestasi belajar
dengan perolehan nilai sebesar 4,018 dengan tingkat signifikansi 0,022b.
Kata Kunci: Sinkron, Asinkron, Prestasi Belajar.
010/GEO/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain