Text
Skripsi : IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP IT ASSA’IDIYYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Tri Yati Desi Wulandari, NPM A1117110004. Implementasi Pendidikan
Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP IT
ASSA’IDIYYAH Kota Kudus. Skripsi. PPKN. Falkultas Keguruan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang, 2021. 61 Halaman.
Pendidikan sebagai proses transformasi pengetahuan melibatkan banyak
sekali aspek atau komponen yang ada di dalamnya untuk mendukung kegiatan
pendidikan tersebut. Namun pendidikan sekarang ini yang dianggap masih terlalu
mengedepankan pengetahuan kognitif, nyatanya tidak mampu atau gagal
mengatasi perkembangan moral siswanya. Ini dibuktikan dengan maraknya
pemberitaan tentang kenakalan-kenakalan remaja. Dari itu maka kini mulai
dilaksanakan pendidikan dengan berbasis karakter (Saleh, 2016).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi
Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Vii
Smp It Assa’idiyyah Tahun Pelajaran 2020/2021
Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitisn ini yaitu menggunakan
pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu strategi dan teknik
penelitian yang digunakan untuk memahami masyarakat dengan mengumpulkan
sebanyak-banyaknya fakta mendalam. Data yang didapat disajikan kedalam
bentuk verbal, bukan dalam bentuk nilai.
Hasil Penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan pendidikan karakter yang
juga masih banyak kendala menjadikan pelaksanaan pendidikan karakter menjadi
pekerjaan bersama, bukan hanya guru kelas yang melaksanakan, akan tetapi
semua elemen pendidikan termasuk pemerintah. Karena kurangnya sosialisasi dan
pelatihan tentang pendidikan karakter terhadap guru menjadikan semua rencana
pemerintah untuk melaksanakan pendidika karakter menjadi kurang maksimal.
Karena kurang pahamnya guru tentang melaksanakan pendidikan karakter
tentunya akan berdampak pada hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan perencanaan
pembelajaran karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas
VII di SMP IT Assa’idiyyah Mejobo Kudus juga sudah baik. Hanya saja masih
terdapat kekurangan yang ada pada pelaksanaan pendidikan karakter yaitu masih
minimnya pengetahuan dari guru mengenai metode yang bisa digunakan dalam
menanamkan nilai-nilai karakter. Untuk itu guru tidak hanya menggunakan satu
metode saja ketika melaksanakan pendidikan karakter.
Kata kunci: Pendidikan, Karakter
001/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain