Text
Skripsi : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WEB TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN - CD Skripsi
ABSTRAK
Eva Dwi Anitasari (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Web
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn. Skripsi. PPKn.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 77 Halaman.
Ide awal penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa pada materi
Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Hal ini disebabkan guru tidak
menggunakan media dalam pembelajaran seringkali guru menyampaikan materi
dengan ceramah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar
mata pelajaran PPKn setelah diterapkan media pembelajaran berbasis aplikasi web
pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang? (2) Adakah pengaruh penggunaan
media pembelajaran berbasis aplikasi web terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn
materi pokok Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia kelas XI SMA
Negeri 12 Semarang?
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan hasil belajar mata
pelajaran PPKn setelah diterapkan media pembelajaran berbasis aplikasi web pada
siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang; (2) Menguji adanya pengaruh penggunaan
media pembelajaran berbasis aplikasi web terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn
pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Semarang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang merupakan
penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrument pretest dan posttest untuk menjaring data
tentang pemahaman materi Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia
dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi web. Validitas instrument
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji
hipotesis menggunakan uji T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pretest pada kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata 73,19, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55,
siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa dan siswa yang nilainya dibawah KKM
sebanyak 16 siswa. Sedangkan nilai pretest pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata
sebesar 65,57, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, siswa yang mencapai KKM
sebanyak 5 siswa dan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 30 siswa (2) hasil
belajar posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 88,61, nilai tertinggi
100 dan nilai terendah 70, siswa yang mencapai KKM sebanyak 35 siswa dan siswa
yang nilainya dibawah KKM sebanyak 1 siswa. Sedangkan posttest pada kelas kontrol
diperoleh rata-rata sebesar 76,65 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, siswa
yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa. (3) ada pengaruh penggunaan media
pembelajaran berbasis aplikasi web pada mata pelajaran PPKn terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas XI di SMA N 12 Semarang. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata satu
pihak kanan diperoleh 6, 374 ≥ 1,994 atau thitung ≥ ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa
metode pembelajaran berbasis aplikasi web secara signifikan dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Web, Hasil Belajar.
002/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain