Text
Skripsi : STRATEGI PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENCEGAH PENYIMPANGAN SOSIAL PADA SISWA SMP IT INSAN CENDEKIA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Asna Dinana (2021). NPM. A1117110013. Strategi Penguatan Nilai-nilai
Pancasila dalam Mencegah Penyimpangan Sosial pada Siswa SMP IT Insan
Cendekia Semarang. Skripsi. PPKn. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas IVET. 97 Halaman.
Pancasila dijadikan sebagai landasan ideologi bangsa Indonesia karena di
dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang mencerminkan kepribadian bangsa
Indonesia. Nilai-nilai Pancasila dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan
kepribadian bangsa. Namun melihat kenyataan yang ada, pengamalan terhadap
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini dirasakan mulai
memudar dan mulai luntur. Buktinya sekarang banyak ditemui penyimpangan
sosial yang terjadi. Tidak memandang dimanapun lingkungannya, masalah sosial
ini kerap sekali ditemukan. Contohnya di lingkungan sekolah, kasus
penyimpangan sosial tak sedikit yang terjadi khusunya pada subyek utamanya
yaitu para siswa. Oleh karena itulah yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan
penelitian tentang penguatan Nilai-nilai Pancasila dalam mencegah penyimpangan
sosial pada siswa SMP IT Insan Cendekia Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan faktor yang
mempengaruhi terjadinya penyimpangan sosial pada siswa; (2) Bagaimana
strategi penguatan nilai-nilai pancasila yang digunakan dalam mencegah
terjadinya penyimpangan sosial pada siswa SMP IT Insan Cendekia Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Menggunakan metode trianggulasi untuk pemeriksaan keabsahan
data, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya penyimpangan sosial pada siswa diantaranya karena dua faktor;
pertama, faktor internal diantaranya seperti tingkat kecerdasan, kondisi fisik,
kondisi psikis dan karakter atau watak. Kedua, faktor eksternal seperti faktor
keluarga, faktor sekolah/teman sepergaulan, faktor masyarakat dan faktor media
massa. (2) Strategi yang digunakan untuk mencegah penyimpangan sosial pada
siswa yaitu dengan cara meningkatkan upaya penguatan nilai-nilai Pancasila
melalui implementasi kegiatan-kegiatan, pembiasaan maupun peraturan sekolah
yang sesuai dengan butir-butir pengamalan nilai-nilai Pancasila yang telah diatur
dalam ketetapan MPR No. I/MPR/2003.
Kata Kunci : Strategi Penguatan, Nilai-nilai Pancasila, Penyimpangan Sosial
005/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain