Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI DI SMK SULTAN TRENGGONO - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhammad Ainul Labib (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google
Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran PKn
Kelas XI di SMK Sultan Trenggono. Skripsi. PPKn. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 67 Halaman.
Kurangnya penggunaan media pembelajaran membuat peserta didik
menjadi tidak antusias dalam proses pembelajaran. Dengan demikian hal ini
menjadikan peserta didik kesulitan dalam memahami mata pelajaran PKn yang
kemudian berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran siswa. Permasalahan
penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom
terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn
kelas XI di SMK Sultan Trenggono.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh dalam
penggunaan aplikasi Google Classroom pada kelas eksperimen dengan
pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap kualitas pembelajaran
siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Sultan Trenggono.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen (experiment) dengan desain pretest-posttest. Populasi
berjumlah 30. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket (Pretest
dan Posttest) dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan uji validitas
dan uji reliabilitas.. analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat
analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas varian. Uji hipotesis
menggunakan uji Independent Samples Test.
Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Google
Classroom pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas
kontrol dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa PKn. Dilihat dari nilai t
hitung = 10,679 > t tabel = 1,75 yang berarti signifikan. Artinya perbedaan rata-rata
kualitas pembelajaran siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada posttest
signifikan atau dapat dipercaya secara statistik. Berdasarkan pengujian
signifikansi menunjukkan hasil yang signifikan, maka (H0) yang berbunyi: “Tidak
terdapat perbedaan pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap
kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Sultan
Trenggono” ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “Terdapat
perbedaan pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap kualitas
pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMK Sultan Trenggono”
diterima.
Kata Kunci : Aplikasi Google Classroom, Kualitas Pembelajaran
008/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain