Text
Skripsi : PERSEPSI ORANG TUA PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 - CD Skripsi
ABSTRAK
Devi Nuningsih, A1117110012, “Persepsi Orang Tua Peserta Didik terhadap
Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19”, Skripsi, Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021,
78 halaman.
Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan persepsi orang tua peserta didik
terhadap proses pembelajaran daring; 2) mendeskripsikan faktor pendukung
keberhasilan dalam pembelajaran secara daring; 3) mendeskripsikan faktor
penghambat pelaksanaan proses pembelajaran secara daring; dan 4) mendeskripsikan
upaya-upaya yang dilakukan orang tua di Desa Brambang untuk menemukan solusi
dalam mengatasi hambatan proses pembelajaran secara daring pada masa pandemi
Covid-19.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif denganmemberikan gambaran
atau gagasan tentang konsep atau gejala guna menjawab pertanyaan dan pernyataan
yang menyajiannya melalui kata-kata. Informan penelitian adalah: 1) Kepala desa;
2) tokoh masyarakat, 3) perwakilan orang tua/wali murid; dan 4) perwakilan peserta
didik (SMA, SMP, SD, TK), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan model interaktif
dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) persepsi orang tua terhadap proses
pembelajaran masa pandemi Covid-19 termasuk cukup baik, hal ini terjadi karena
orang tua memberikan perhatian dan pendampingan terhadap pelaksanaan belajar
dan kebutuhan anak, baik terkait pengadaan HP yang dapat dipakai untuk aplikasi
whatsApp, google form, dan google meet, pembuatan video, dan perhatian terhadap
pembelian kuota (paket) internet, perhatian belajar anak, dan pendampingan anak
ketika harus menyelesaikan atau menumpuk tugas di sekolah; 2) faktor pendukung
proses pembelajaran masa pandemi Covid-19 adalah, sekolah dan Pemerintah
memfasilitasi wifi untuk guru disekolah sebagai sarana dalam memberikan materi
pembelajaran daring kepada peserta didik, dan sekolah juga memfasilitasi peserta
didik dengan memberikan kuota gratis setiap bulannya yang dimulai Agustus 2020; 3)
faktor penghambat proses pembelajaran masa pandemi Covid-19, yaitu kurangnya
keefektifan dan efisiensi waktu disebabkan orang tua sibuk dengan pekerjaan
sehingga tidak dapat mendampingi anak dalam pembelajaran sacara utuh; dan dan 4)
solusi yang ditemukan dalam mengatasi hambatan proses pembelajaran masa pandemi
Covid-19 adalah, orang tua menemani anak ketika belajar dan memberikan perhatian
saat belajar serta menemani anak untuk datang ke sekolah dalam 1 (satu) minggu
sekali atau sesuai kesepakatan guna menumpuk tugas kepada guru (bagi yang
terkendala signal), dan bagi guru dengan memberikan motivasi, semangat dan bahkan
memberikan hadiah atau reward bagi anak yang menyelesaikan tugas tepat waktu.
Kata kunci: persepsi orang tua, pembelajaran daring.
010/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain