Text
Skripsi : PROBLEMATIKA PEMBALAJARAN DARING PPKn DI MASA PANDEMI - CD Skripsi
ABSTRAK
Andre Gunawan Sapto Prasetyo. PROBLEMATIKA PEMBALAJARAN
DARING PPKn DI MASA PANDEMI. Grobogan. PPKn. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2021. 63 Lembar.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembalajaran Daring Mata Pelajaran PPKn di Masa Pandemi; (2) Untuk
mendeskripsikan problematika yang muncul dalam pembelajaran Daring Mata
Pelajaran PPKn di Masa Pandemi; (3) Untuk mendeskripsikan solusi yang di
ambil untuk mengatasi permasalahan pembelajaran Daring Mata Pelajaran PPKn
di Masa Pandemi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Fenomenologik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan
Model Inetraktif dari Huberman dan Miles meliputi redukasi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran
daring mata pelajaran PPKn di MI AL-Ittihadiyah Mlayut Kecamatan Godong
Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2020/2021 sudah berjalan dengan baik,
dimana guru memberikan materi dan penugasan di akhir pertemuan yang dikirim
melalui WA group kelas; (2) Problematika atau masalah yang dihadapi selama
pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa di MI AL-Ittihadiyah
Mlayut Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan meliputi: pertama, Terbatasnya
sarana dan prasarana, kedua, Siswa belum memiliki android, ketiga, Perbedaan
tingkat pemahaman peserta didik, keempat, Kurangnya kerjasama orang tua
dengan siswa; (3) Solusi yang di tempuh untuk menyelesaikan problematika
pembelajaran daring mata pelajaran PPKn pada siswa di MI AL-Ittihadiyah
Mlayut Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2020/2021
meliputi: pertama, Memperbanyak buku paket PPKn, kedua, gabung teman
terdekat dan juga bisa datang kesekolah, ketiga, Memberikan pendampingan pada
anak didik dan melakukan pertemuan secara berkala, keempat, memberikan
pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya pendampingan anak di masa
pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: problematika, pembelajaran daring, wawancara, masa pandemi.
011/PPKN/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain