Text
Skripsi : PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SIMPEL -12 TERHADAP PRESTASI SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA N 12 SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Winda Wulan Sari (A1417110004), Pengaruh Sikap Dan Motivasi Siswa Dalam
Pembelajaran Simple-12 Terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran Sejarah SMA
N 12 Semarang. Skripsi. Semarang. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 84 Halaman.
Penelitian ini menjelaskan tentang Pengaruh Sikap Dan Motivasi Siswa
Dalam Pembelajaran Simpel -12 Terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran
Sejarah SMA N 12 Semarang. Perkembangan aplikasi dan teknologi informasi
telah memasuki dunia pendidikan. Berbagai bahan pembelajaran telah diproduksi dan dikonsumsi melalui beberapa teknologi. Salah satunya yaitu Simple-12, Adalah Suatu Aplikasi e-learning yang digunakan dalam pembelajaran
jarak jauh dan terdapat beberapa fitur didalamnya. Mata pelajaran sejarah
merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan berada pada kelompok
wajib A, artinya mata pelajaran sejarah wajib diambil dan ditempuh oleh seluruh peserta didik agar mendapat prestasi yang baik. Salah satu faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar adalah sikap dan motivasi siswa. Sikap yang
dimaksudkan dalam penelitian ini adalah sikap siswa; sikap siswa jujur, disiplin,
Tanggung jawab,Toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri terhadap
pembelajaran sejarah. Motivasi yang dimaksud adalah motivasi belajar siswa
terhadap pelajaran sejarah dan perasaan senang terhadap pembelajaran sejarah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model atau jenis penelitian
survei. Objek penelitian adalah Kelas XI di SMA N 12 Semarang sebanyak 120
siswa.Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan(Survei),
dokumentasi dan angket. Instrumen kuesioner atau angket divalidasi dengan uji
validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi
linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata sikap dan motivasi belajar siswa mempengaruhi terhadap prestai belajar siswa.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Sikap Siswa berpengaruh
positif signifikan terhadap Prestasi Siswa Mata Pelajaran sejarah pada kelas XI
SMA N 12 Semarang yang di tunjukan nilai t hitung > t tabel sebesar (4,740 >
1,657). (2) Motivasi Siswa Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Prestasi
Siswa Mata Pelajaran Sejarah pada kelas XI di SMA N 12 Semarang yang di
tunjukan nilai t hitung > t tabel sebesar (3,367 > 1,657). (3) Terdapat pengaruh
Positif dan signifikan antara Sikap Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran
Terhadap Prestasi siswa Mata Pelajaran Sejarah pada kelas XI di SMA N 12
Semarang yang di tunjukan dengan Fhitung 4238.843 > Ftabel 3,07.
Kata Kunci : Sikap dan Motivasi Siswa, Pembelajaran Simple-12.
001/SEJ/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain