Text
Skripsi : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT: STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 4 KENDAL - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Komariyah (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Reward dan
Punishment: Studi Kasus SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Skripsi. Pendidikan
Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 72 halaman.
Peningkatan prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment tidak
terlepas dari adanya dukungan dari sekolah, guru dan orang tua. Pendidikan di SMA
Muhamamdiyah 4 Kendal berupaya untuk mencapai keberhasilan pembelajaran baik
akademik maupun non akademik dan dapat menghasilkan peserta didik yang
berpretasi. Maka dari itu sekoalah berupaya untuk meningkatkan prestasi belajar
sejarah melalui metode reward dan punishment.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji prestasi belajar sejarah
peserta didik melalui reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (2)
Untuk mengkaji Factor-faktor yang menjadi pendukung prestasi belajar sejarah
melalui reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (3) Untuk
mengkaji Factor-faktor yang menjadi penghambat prestasi belajar sejarah melalui
reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (4) Untuk mengkaji
pemberian Reward dan Punishment peningkatan prestasi belajar peserta didik Sejarah
di SMA Muhammadiyah 4 kendal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan pada guru mata pelajaran, dan 2 peserta didik
jurusan IPS. Untuk menguji keabsahan data digunakan Teknik tringulasi. Teknik
analisis data menggunakan Teknik analisi Data Model Interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran sejarah yang
dikelola guru suatu kegiatan yang bernilai edukatif selama proses pembelajaran
sejarah dan penerapan metode reward dan punishment menjadi salah satu daya tarik
peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah(2) Faktor pendukung peningkatan
prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment pada peserta didik SMA
Muhammadiyah 4 Kendal antara lain: dukungan dari sekolah dan guru, dorongan
guru untuk memotivasi peserta didiknya dan membentuk peserta didik yang
berkarakter serta sarana dan prsarana yang memadai. (3) Faktor penghambat
peningkatan prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment di SMA
Muhammadiyah 4 Kendal antara lain: faktor lingkungan, kurangnya komunikasi,
kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dan kerja sama dengan orang tua. (4)
Pemberian metode reward dan punishment untuk peningkatan prestasi belajar sejarah
di SMA Muhammadiyah 4 Kendal terjadi perubahan signifikan dalam peningkatan
prestasi belajar sejarah semangat para peserta didik dalam pemberian reward
meningkat dalam pembelajaran sejarah sedangkan pemberian punishment peserta
didik dalam pembelajaran menjadi menurun.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Reward dan Punishment
003/SEJ/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain