Text
Skripsi : PERAN GURU SEJARAH DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK : STUDI ETNOGRAFI DI SMK DIPONEGORO BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Renanda Vicky Fandrean (2021). “Peran Guru Sejarah Dalam Penanaman Sikap
Nasionalisme Peserta Didik: Studi Entografi di SMK Diponegoro Banyuputih
Kabupaten Batang”. Skripsi. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 53 halaman.
Latar belakang penelitian nilai-nilai karakter dan nasionalisme perlu diterapkan
kepada peserta didik melalui pembelajaran sejarah pada lingkungan sosial dan
budayanya dengan memperkenalkan semangat juang para pahlawan, dan kecintaan
pada tanah air, apalagi perubahan zaman membuat kita harus bisa menanamkan sikap
nasionalisme kepada peserta didik. Peran guru dalam dalam menanamkan sikap
nasionalisme pada peserta didik di SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang
merupakan salah satu praktik nyata penanaman nilai-nilai nasionalisme kepada peserta
didik yang perlu di teliti. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis
pelaksanaan penanaman sikap Nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran
sejarah, (2) untuk meganalisis peran guru sejarah dalam menanamkan sikap
nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah dan (3) untuk menganalisis
kendala guru dalam penanaman sikap nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran
sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh
dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan metode
triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan alur
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian
ini adalah (1) pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme kepada siswa dalam mata
pelajaran sejarah diterapkan dengan cara diintregasikan dengan kegiatan belajar
mengajar, namun guru sejarah tidak hanya terbatas menanamkan sikap nasionalisme
pada saat jam kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung saja melainkan juga pada
saat diluar jam kegiatan belajar mengajar, (2) peran guru sejarah dalam menerapkan
sikap nasionalisme adalah sebagai pembimbing bari peserta didik, sebagai jembatan
antar generasi artinya adalah sebagai penghubung peserta didik dengan generasi
sesudah ataupun setelahnya dan (3) Kendala yang dihapadi guru dalam penerapan
sikap nasionalisme ini adalah karakter siswa dengan latar belakang didikan yang
berbedan dan siswa yang tidak menghabiskan waktunya sepenuhnya hanya
disekolahan sehingga banyak factor-faktor lain yang memengaruhi sikap siswa, untuk
mengatasi kendala ini pihak sekolah terutama guru sejarah selalu berusaha melakukan
pembiasaan-pembiasan sikap nasionalisme kepada para siswa agar siswa menjadi
terbiasa melakukannya.
Kata kunci : Peran Guru Sejarah, Penanaman Sikap Nasionalisme
004/SEJ/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain