Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBUATAN DAN PEMBENTUKAN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB DARUL MUTTAQIN KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
SITI ZULAIKHAH, NPM. 2620230714. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui
Pembuatan dan Pembentukan Playdough pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Darul
Muttaqin Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan”.S1
PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang.
79 Halaman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
kreativitas melalui pembuatan dan pembentukan playdoug pada anak usia 3-4
tahun di KB Darul Muttaqin Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi
Kabupaten Grobogan?
Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu
Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kreativitas melalui
pembuatan dan pembentukan playdoug pada anak usia 3-4 tahun dapat
meningkatkan kreativitas anak KB Darul Muttaqin Kelurahan Danyang
Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti
dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang
dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak KB Darul Muttaqin
Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan yang berjumlah
20 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data diperoleh dengan
observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis
menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan
dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam rentang nilai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus dicapai 50%, pada
siklus 1 diperoleh 75% dan pada siklus 2 diperoleh 88%.. Dengan demikian telah
melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Terdapat perubahan
perilaku pada anak melalui pembuatan dan pembentukan playdough dalam
meningkatkan kemampuan kreativitas terlihat dari meningkatkan keaktifan anak
dari 80% siklus 1 menjadi 94% siklus 2, didukung oleh kinerja guru yang
meningkat pada siklus 1 diperoleh nilai 88% meningkat pada siklus 2 menjadi
97%. Peningkatan kemampuan kreativitas menggunakan pembuatan dan
pembentukan playdough dari selisih nilai kreativitas anak pada prasiklus dan
siklus 2 yaitu sebesar 88 - 50 = 38%
Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan
kreativitas pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan pembuatan
dan pembentukan playdough.
Kata kunci : Kemampuan kreativitas anak, playdough
253/PAUD/1/PUS/2023 | 253/PG-PAUD/1/PUS/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain