Text
SKRIPSI: PENINGKATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI EKSPLORASI BERTEMA KEBHINEKAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR BANGSA KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
Peningkatan Karakter Toleransi melalui Metode
Eksplorasi bertema Kebhinnekaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Bangsa
Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 50 halaman
Toleransi menjadi salah satu karakter yang harus dipupuk, dibiasakan dan
dibentuk sejak dini. Hal tersebut dikarenakan kita berada di negara dengan banyak
keragaman. Indonesia memiliki banyak suku, bahasa daerah, budaya daerah,
agama dan keragaman lain. Keragaman tersebut menjadi sebuah kebhinekaan
yang perlu disikapi dengan toleransi.
Untuk karakter toleransi pada anak usia dini dibutuhkan metode dan
media yang tepat. Metode yang tepat akan membuat anak semangat dan atusias
ketika mengikuti kegiatan (Syaifurahman:2017). Anak-anak perlu diberikan
pembiasaan, pengalaman langsung dan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung
terbentuknya karakter tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk
mendeskripsikan kondisi karakter toleransi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sinar
Bangsa Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. 2. Untuk mendeskripsikan
penggunaan metode eksplorasi bertema kebhinekaan dalam meningkatkan
karakter toleransi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Bangsa Kecamatan
Purwodadi Kabupaten Grobogan.3. Untuk mendeskripsikan peningkatan karakter
toleransi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Bangsa Kecamatan Purwodadi
Kabupaten Grobogan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas (PTK), karena penelitian yang dilakukan di dalam kelas bekerjasama
atau ber-kolaborasi dengan guru lain (Suwandi; 2010: 114). Penelitian
tindakan kelas ini didesain untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pembelajaran untuk diaplikasikan di kelas
hasil penelitian dan pembahasan, bahwa metode eksplorasi dapat
meningkatkan frekuensi karakter toleransi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sinar
Bangsa Purwodadi. Tingkat toleransi anak sebelum tindakan adalah 64% dengan
kategori cukup. Kemudian melalui tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan
menjadi 67% dengan kategori cukup dan dilanjutkan pada siklus 2 dengan hasil
81% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: karakter, toleransi, eksplorasi, kebhinekaan
249/PAUD/PUS/I/2023 | 249/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat (SKRIPSI PG-PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain