Text
Skripsi : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI BERBASIS E-LEARNING SCHOOLOGY KELAS XI SMA NEGERI 6 SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Nugroho, Agung Setyo. NPM. 3320230090. Pengaruh Model Pembelajaran
Kolaborasi Berbasis E-Learning Schoology Kelas XI SMA Negeri 6 Semarang.
Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet.
Pembelajaran secara online yang dilakukan oleh guru selama ini hanya
sekedar membagikan materi pembelajaran dan tugas dalam jaringan internet.
Adanya ketidaksiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mendukung penerapan
TIK di sekolah. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh rendahnya aktivitas
belajar siswa, rendahnya pemahaman siswa dan pembelajaran yang tidak
melibatkan siswa secara langsung. Perlu penggunaan suatu model pembelajaran
yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya
dengan penggunaan model pembelajaran kolaborasi dalam proses pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yaitu PreExperimental Design. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil
pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Pada tahap awal penelitian, peneliti
menyiapkan instrumen yang akan digunakan, yaitu Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), lembar validasi ahli, soal tes, dan angket respon siswa
terhadap pelaksanaan pembelajaran. Instrumen yang diujicobakan ke siswa adalah
soal tes dengan terlebih dahulu dilakukan validasi logis oleh ahli. Hasil pretest
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 75,3. Pada
tahap selanjutnya, diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan penerapan
model pembelajaran kolaborasi berbasis e-learning schoology, hasil posttest
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai ratarata sebesar 84,0.
Berdasarkan nilai pretest dan posttest yang diperoleh, selanjutnya
dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas dilakukan oleh peneliti
terhadap 25 soal dari 40 soal yang sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi
baik logis maupun empiris untuk mengetahui sebaran data penelitian (pretest dan
posttest) berdistribusi normal atau tidak. Berdasarkan perhitungan uji normalitas
terhadap data kelompok eksperimen didapatkan nilai signifikansi pretest 0,177 dan
posttest 0,102. Nilai signifikansi data tersebut > 0,05(thitung> ttabel). Jadi, dapat
disimpulkan bahwa data pretest dan posttest untuk kelas eksperimen berdistribusi
normal. Selanjutnya, untuk mengetahui varian data yang diperoleh itu sama atau
homogen dilakukan uji homogenitas. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa
nilai signifikansi pretest sebesar 0,404 dan nilai signifikansi posttest sebesar 0,115>
0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varians kelompok pretest dan posttest kelas
eksperimen adalah sama atau homogen.
Kata Kunci : E-Learning Schoology, Hasil Belajar, Kolaborasi
004/TIK/PUS/I/2021 | Perpustakaan Pusat (Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain