Text
SKRIPSI: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN PANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI KB AISYIYAH FULL DAY PANDES KEC. WEDI KAB. KLATEN
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Pancing Angka Pada Anak
Kelompok Bermain Di KB Aisyiyah Full Day Pandes Kec. Wedi Kab. Klaten”.
Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
IVET. 66 halaman.
Kemampuan kognitif anak mengenal lambang bilangan di KB Aisyiyah
Full Day masih belum tuntas atau belum berkembang dengan baik. Dari
permasalahan tersebut dilakukan penelitian melalui Bermain pancing angka untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal lambang bilangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Pancing Angka Pada Anak Kelompok
Bermain di KB Aisyiyah Full Day Pandes Wedi Klaten.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus berawal dari perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu peserta didik Kelompok
Bermain Aisyiyah Full Day Pandes Wedi Klaten dengan jumlah 11 anak yang
terdiri dari 7 laki - laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan
kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dari observasi pra tindakan
sebesar 43,5%. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 61,7%. Setelah
dilakukan perbaikan pada siklus ll meningkat menjadi 81,8 %.
Kata Kunci: Kemampuan kognitif, Lambang Bilangan, dan Bermain Pancing
Angka
244/PAUD/PUS/I/2023 | 244/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat (SKRIPSI PG-PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain