Text
SKRIPSI: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-5 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN MEDIA TATAKAN TELUR BEKAS DI KB TUNAS CEMERLANG DESA REJOSARI
Konsep matematika yang paling penting dipelajari anak usia 3, 4, dan 5
tahun adalah pengembangan terhadap suatu bilangan. Untuk mengenalkan
konsep angka pada anak prasekolah dapat dilakukan salah satunya dengan
mengajarkan berhitung 1-5. Mengenal angka 1-5 menjadi sangat penting
diperkenalkan sejak usia dini, hal ini dikarenakan kemampuan ini sangat
berhubungan dengan kemampuan anak dalam memecahkan masalah secara
sederhana dalam sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal
angka 1-5 dengan media tatakan telur bekas pada anak usia 3-4 tahun di KB
Tunas Cemerlang Desa Rejosari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode
deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Sampel dari
penelitian ini adalah murid di KB Tunas Cemerlang yang berusia 3-4 tahun
berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan indikator keberhasilan sebesar 80 %.
Hasil penelitian ini adalah bahwa media tatakan telur bekas mampu
meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-5 anak di KB Tunas Cemerlang
secara bertahap. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil prosentase
pada siklus 1 yaitu sebesar 50 % dan pada siklus 2 sebesar 90%. Berdasarkan
hasil tersebut maka ketuntasan kemampuan mengenal angka 1-5 dapat tercapai
dan melebihi indikator keberhasilan sebesar 80%.
Kata kunci: Tatakan Telur Bekas, Mengenal angka 1-5
254/PAUD/PUS/I/2023 | 254/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain