Text
SKRIPSI : PENINGKATAN MOTORIK KASAR DENGAN PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 2 LEDOKDAWAN KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN
Pelaksanaan penelitian ini tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, di
antaranya adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar
pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer
Kabupaten Grobogan. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan permainan tradisional
jaranan dalam peningkatan motorik kasar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita
2 Ledokdawan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. 3)Untuk mengetahui
perubahan perilaku dalam penerapan permainan tradisional pada anak kelompok B
TK Dharma Wanita 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.
Pendekatan penelitian ini didesain untuk memecahkan masalah yang
diaplikasikan secara langsung dalam kelas yang meliputi 4 (empat) tahapan, yaitu: 1)
perencanaan; 2) implementasi/pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek
penelitian ini adalah peserta didik di TK Dharma Wanita 2 Ledokdawan Kecamatan
Geyer Kabupaten sejumlah 23 anak.
Penelitian tindakan yang berjudul Peningkatan Motorik Kasar Dengan
Penerapan Metode Bermain Melalui Media Permainan Tradisional Jaranan Pada
Peserta Didik Kelompok B TK Dharma Wanita 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer
Kabupaten Grobogan, terdapat kesimpulan sebagai berikut: 1. Kemampuan motorik
kasar anak pada Pra Siklus sebesar 22%, pada Siklus I sebesar 52%, pada Siklus II
Pertemuan Ke-1 sejumlah 15 anak atau sebesar 65%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2
sejumlah 17 anak atau sebesar 74%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 20
anak atau sebesar 87% . 2. Keaktifan anak pada Pra Siklus sebesar 17%, pada Siklus I
sebesar 57%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 87%. 3. Kinerja Guru pada
Pra Siklus sebesar 50%, pada Siklus I sebesar 68%, pada Siklus II sebesar 70%, dan
pada Siklus II Pertemuan sebesar 85%. 3. Terdapat peningkatan motorik kasar anak
efektif sebesar 65%, dengan demikian hipotesis tindakan terbukti dapat ditingkatkan
motorik kasar dengan penerapan metode bermain melalui media permainan
tradisional jaranan pada peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita 2
Ledokdawan Kecamatan Geyer.
Kata Kunci: Motorik Kasar, Bermain, Jaranan.
262/PAUD/PUS/I/2023 | 262/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat (SKRIPSI PG-PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain