Text
Skripsi : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE LEARNING PLATFORM ANDROID PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D DI SMK BUDI LUHUR DEMAK KELAS XI MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR 3 - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhamad Nibrosul Wahhaj (2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Mobile Learning Platform Android Pada Mata Pelajaran
Animasi 2D di SMK Budi Luhur Demak Kelas XI Multimedia. Skripsi.
Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 66
Halaman.
Perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat teknologi pada
hakikatnya diciptakan untuk membuat hidupan manusia menjadi lebih mudah,
nyaman dan menyenangkan. Kemajuan teknologi tersebut dapat kita rasakan
diberbagai bidang, salah satu bidang yang juga ikut terpengaruh oleh perkembangan
teknologi ialah bidang pendidikan. Sangat disayangkan perkembangan teknologi di
indonesia khususnya bidang pendidikan setiap sekolahan belum memiliki fasilitas
yang memadahi dan belum mampu mengoptimalkan secara maksimal. Khususnya
di SMK Budi Luhur Demak siswa siswi rata rata sudah memiliki smartphone,
sedangkan sekolahan yang tidak memiliki LCD Proyektor dan pembelajaran hanya
mengandalkan LKS megakibatkan siswa mengalami kebosanan dan berakibat
pembelajaran yang kurang optimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan suatu produk aplikasi mobile
learning platform android sebagai media pembelajaran animasi 2D. (2) Mengetahui
kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis android di kelas XI SMK
Budi Luhur Demak pada Mata Pelajaran Animasi 2D.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and
Development). Merupakan metode yang digunakan untuk menghasilkan suatu
produk dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMK
Budi Luhur dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI multimedia.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi, angket. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu
produk media pembelajaran dan respon siswa yaitu menggunakan skala Likert.
Dari pengujian kelayakan produk Mobile learning media dinyatakan layak
dengan nilai ahli media mencapai skor 93% dan dari ahli materi memperoleh skor
98,66%. Hasil uji coba dengan siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap
media yang dikembangkan dengan memperoleh skor 92,28%. Persentase tersebut
apabila dikonversi ke dalam skala kualitatif masuk dalam kategori “Sangat Layak”
untuk digunakan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Mobile Learning, Animasi 2D.
001/TIK/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain