Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA POHON HITUNG PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI KABUPATEN PEMALANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membilang melalui metode demonstrasi dengan media pohon hitung pada anak
kelompok A TK Pertiwi Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu anak kelompok A
yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah observasi, dokumentasi dan tes berupa lisan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa peningkatan kemampuan membilang anak melalui metode
demonstrasi dengan media pohon hitung pada kelompok A TK Pertiwi
Kabupaten Pemalang bahwa kondisi awal persentase keberhasilan kelas pada
pra siklus 33,13% terdapat 5 anak Belum Berkembang (BB) dan 15
anak Mulai Berkembang (MB). Pada siklus 1 persentase keberhasilan kelas
menunjukan peningkatan menjadi 60,62% terdapat 2 anak Mulai Berkembang
(MB), dan 18 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Pada siklus II
diperoleh presentase keberhasilan kelas kembali meningkat menjadi 89,38%
dengan 20 anak mendapat kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan
indikator kelas yang ditetapkan yaitu 80% sehingga penelitian tindakan kelas
dihentikan pada siklus II. Berdasarkan pengembangan kemampuan tersebut
disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dengan media pohon hitung
dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak kelompok A TK Pertiwi
Kabupaten Pemalang.
Kata kunci: kemampuan membilang, metode demonstrasi, pohon hitung
205/PAUD/I/2023 | 205/PAUD/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain