Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK SUARA PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KBIT ISLAMIC CENTRE KELURAHAN PURWODADI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
HENDRI KURNIAWATI, NPM. 2620230675. “Peningkatan Kecerdasan
Bahasa Anak melalui Permainan Tebak Suara pada Peserta Didik Usia 3-4
Tahun di KBIT Islamic Centre Kelurahan Purwodadi Kecamatan Purwodadi
Kabupaten Grobogan”.S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet Semarang. 101 Halaman.
Rumusan masalah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah
Bagaimanakah peningkatan kecerdasan bahasa anak melalui permainan tebak
suara pada peserta didik usia 3-4 tahun di KBIT Islamic Centre Kelurahan
Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan?
Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu
Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kecerdasan bahasa anak
melalui permainan tebak suara pada peserta didik usia 3-4 di KBIT Islamic
Centre Kelurahan Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti
dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang
dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak KBIT Islamic Centre
Kelurahan Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan yang
berjumlah 20 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data
diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan
dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan
persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam
rentang nilai.
Penerapan melalui permainan tebak suara dapat meningkatkan kemampuan
kecerdasan bahasa anak dibuktikan dengan hasil prosentase rata-rata di siklus 1
meningkat menjadi 75% dari hasil sebelum pra siklus yang hanya mencapai 48%,
dengan pencapaian prosentase ketuntasan semakin meningkat menjadi 27%.
Selanjutnya dilaksanakan kembali kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus 2,
diperoleh hasil prosentase rata-rata hasil evaluasi belajar anak semakin meningkat
menjadi 87% dari siklus I yang hanya mencapai 75%, dengan pencapaian
prosentase ketuntasan semakin meningkat menjadi 12%.
Terdapat perubahan perilaku pada anak melalui permainan tebak suara dalam
meningkatkan kecerdasan bahasa anak terlihat dari meningkatkan keaktifan anak
dari 77% siklus 1 menjadi 92% siklus 2. Didukung oleh kinerja guru yang
meningkat pada siklus 1 diperoleh nilai 88% meningkat pada siklus 2 menjadi
97%. Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan
kecerdasan bahasa anak pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan
permainan tebak suara.
Kata kunci : Kemampuan kecerdasan bahasa anak, permainan tebak suara
247/PAUD/PUS/I/2023 | 247/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain