Text
SKRIPSI : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG MELALUI MEDIA KERETA CERDAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH FULL DAY PANDES KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan kognitif anak dalam berhitung di TK Aisyiyah Full Day Desa Pandes
Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Hal tersebut dikarenakan proses
pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang menariknya media
pembelajaran. Hal tersebut terbukti bahwa nilai ketuntasan kemampuan anak
dalam berhitung hanya mencapai 40%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan kognitif anak
dalam berhitung khususnya di TK Aisyiyah Full Day Desa Pandes Kecamatan
Wedi Kabupaten Klaten. Kemampuan berhitung tersebut, seperti anak dapat
membilang, mengenal lambang bilangan, memasangkan benda dengan bilangan,
mengenal konsep penjumlahan, mengenal konsep pengurangan melalui kegiatan
bermain media kereta cerdas serta mengasah otak anak agar dapat memiliki daya
ingat yang tinggi.
Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), yang terdiri-dari siklus I sebanyak dua (2) kali pertemuan dan siklus II
sebanyak dua (2) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak TK B1 di TK
Aisyiyah Full Day Desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten dengan
jumlah 25 orang yang terdiri-dari 13 anak perempuan dan 12 anak laki-laki.
Peneliti menggunakan variabel masalah, yaitu kemempuan kognitif dalam
berhitung dan variabel Tindakan, yaitu kereta cerdas. Teknik pengumpulan data
adalah wawancara dan observasi. Validitasi data menggunakan Teknik triangulasi
sumber data dan triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis driskriptif kualitatif.
Penelitian Tindakan Kelas terlaksana mulai dari proses pratindakan, siklus
I sampai siklus II. Hasil penelitian pratindakan menunjukkan kemampuan kognitif
anak dalam berhitung mencapai 40%, pada siklus I mengalami kenaikan sebesar
23% sehingga menjadi 63%. Kemampuan tersebut belum memenuhi indikator
keberhasilan, sehingga dilakukan perbaikan pada tindakan Siklus II. Pada siklus II
mengalami penambahan sebanyak 19%, sehingga menjadi 82%. Dengan
demikian, kemampuan kognitif anak telah mencapai indikator keberhasilan
penelitian yaitu sebesar 80%. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa
media kereta cerdas dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam
berhitung secara maksimal di TK Aisyiyah Full Day Desa Pandes Kecamatan
Wedi Kabupaten Klaten.
Kata kunci : kemampuan kognitif, berhitung, media kereta cerdas
245/PAUD/PUS/I/2023 | 245/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain