Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN DALAM PENINGKATAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN POS PAUD
SEKAR TANJUNG DESA TANJUNG KECAMATAN TAMBAKREJO
KABUPATEN BOJONEGORO

Text

PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN DALAM PENINGKATAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN POS PAUD SEKAR TANJUNG DESA TANJUNG KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Yuliani - Nama Orang;

Yuliani, 2621130194, “Penerapan Metode Bermain dengan Media
Permainan Tradisional Jaranan dalam Peningkatan Motorik Kasar pada Anak
Usia 3-4 Tahun Pos PAUD Sekar Tanjung Desa Tanjung Kecamatan
Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak
Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2023, 67
halaman. Latar belakang penelitian adalah beberapa anak di Pos PAUD Sekar
Tanjung Desa Tanjung perkembangan keterampilan lokomotor atau motorik
kasarnya kurang optimal, sehingga peneliti melakukan tindakan kelas melalui
metode bermain dengan media permainan tradisional jaranan untuk
meningkatkan motorik kasar anak. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan
keefektifan penerapan permainan tradisional jaranan dalam meningkatkan motorik
kasar pada anak usia 3-4 tahun di Pos PAUD Sekar Tanjung Desa Tanjung
Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Penelitian tindakan kelas (PTK)
ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan
dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah anak di Pos PAUD Sekar Tanjung yang berjumlah 18 anak.
Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi.
Analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian:
Penerapan metode bermain dengan media permainan tradisional jaranan yang
dilakukan tindakan hingga pada siklus II memberikan hasil pada skor rata-rata
16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator
keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara individu dan 85%
perolehan skor secara keseluruhan, sehingga dapat dibuat persamaan: 75% <
90,27% > 85%, maka hipotesis tindakan: “Melalui penerapan metode bermain
dengan media permainan tradisional jaranan efektif dapat meningkatkan motorik
kasar pada anak usia 3-4 tahun di Pos PAUD Sekar Tanjung Desa Tanjung
Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro” dinyatakan terbukti.
Kata kunci: motorik kasar, jaranan.


Ketersediaan
106/PAUD/PUS/I/2023106/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
106/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Yuliani
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN DALAM PENINGKATAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN POS PAUD SEKAR TANJUNG DESA TANJUNG KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik