Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA TOLKASMIN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN ANGKA DASAR 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD ANGGREK
DESA GAMONGAN KECAMATAN TAMBAKREJO
KABUPATAN BOJONEGORO

Text

PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA TOLKASMIN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN ANGKA DASAR 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD ANGGREK DESA GAMONGAN KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATAN BOJONEGORO

Tri Susanti - Nama Orang;

Tri Susanti, 2621130189, “Penerapan Metode Bermain dengan Media
Tolkasmin dalam Peningkatan Pemahaman Angka Dasar 1–10 pada Anak Usia 3-4
Tahun di Pos PAUD Anggrek Desa Gamongan Kecamatan Tambakrejo Kabupaten
Bojonegoro”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan mengenal angka dasar 1-10 pada Anak
PAUD Anggrek Gamongan masih rendah atau mengalami kelemahan, dalam
peningkatan pemahaman angka dasar 1-10 tersebut, peneliti sebagai observer
bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai kolabolator guna melakukan tindakan
dengan menerapkan metode bermain melalui media tolkasmin.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan media botol bekas minuman
(Tolkasmin) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep angka
dasar 1-10 pada anak usia 3-4 tahun di Pos PAUD Anggrek Desa Gamongan Kecamatan
Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus
terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 15 anak melalui teknik pengumpulan
data: dokumentasi, observasi, dan demonstrasi, sedangkan analisis data digunakan
deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bermain melalui media tolkasmin
efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka dasar pada anak usia 3-4
tahun di PAUD Anggrek diperoleh dari skor rata-rata tindakan pada siklus II yang
diperoleh 12 atau 85%, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara
individu dan klasikal mendapatkan skor rata-rata sebesar 75%, karena 75% < 85%
maka hipotesis tindakan: “Penerapan Metode Bermain Dengan Media Tolkasmin Dalam
Peningkatan Pemahaman Angka Dasar 1–10 Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Pos PAUD
Anggrek Desa Gamongan Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro” dinyatakan
diterima atau terbukti.
Kata kunci: Metode bermain, tolkasmin, angka 1-10.


Ketersediaan
108/PAUD/PUS/I/2023108/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
108/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Tri Susanti
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA TOLKASMIN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN ANGKA DASAR 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD ANGGREK DESA GAMONGAN KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATAN BOJONEGORO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik