Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI PERMAINAN LEMPAR TUTUP BOTOL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL-IKHLAS DESA NGEMBAK KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
Berdasarkan latar masalah di atas maka dapat dirumuskan permasalahan
sebagai berikut : 1) Bagaimanakah permainan tutup botol dapat meningkatkan
kemampuan berpikir simbolis konsep bilangan pada anak di KB Al-Ikhlas Desa
Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan?. 2) Apakah terdapat
perubahan perilaku pada anak saat menggunakan permainan tutup botol?
Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu
1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan membilang
melalui permainan lempar tutup botol pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Ikhlas
Desa Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. 2) Untuk
mengetahui dan mendiskripsikan perubahan perilaku saat peningkatan
kemampuan membilang melalui permainan lempar tutup botol pada anak usia 3-4
tahun di KB Al-Ikhlas Desa Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten
Grobogan.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti
dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang
dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak KB Al-Ikhlas Desa
Ngembak Kecamatan Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan
yang berjumlah 20 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data
diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan
dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan
persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam
rentang nilai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pra siklus dicapai 47%, pada
siklus 1 diperoleh 75% dan pada siklus 2 diperoleh 88%. Dengan demikian telah
melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Peningkatan kemampuan
membilang menggunakan permainan tutup botol dari selisih nilai kemampuan
membilang pada prasiklus dan siklus 2 yaitu sebesar 88 - 47 = 41%. Terdapat
perubahan perilaku pada anak melalui permaian lempar tutup botol dalam
meningkatkan kemampuan membilang terlihat dari meningkatkan keaktifan anak
dari 75% siklus 1 menjadi 93% siklus 2. Didukung oleh kinerja guru yang
meningkat pada siklus 1 diperoleh nilai 88% meningkat pada siklus 2 menjadi
97%.
Dengan demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan
membilang pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan permainan
tutup botol.
Kata kunci : Kemampuan membilang, permainan tutup botol
252/PAUD/PUS/I/2023 | 252/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain