Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL DENGAN MEDIA GAMBA DI TK PERTIWI TUMBAL
Putri Lestari, Indah. 2022. Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui
Kegiatan Menempel dengan Media Gambar di TK Pertiwi Tumbal. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus
anak di TK Pertiwi Tumbal Pemalang. Kemampuan motorik halus anak masih
banyak pada kategori Mampu dengan Bantuan Guru dan Belum Mampu. Hal ini
disebabkan kurangnya stimulasi atau pemanfataan media-media pembelajaraan yang
dapat merangsang perkembangan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian dari
untuk mengetahui apakah melalui kegiatan menempel/kolase pendidik dapat
meningkatkan motorik halus anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
mmenggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini terdiri dari empat
komponen utama yang membentuk sebuah siklus. Keempat komponen tersebut
terdiri dari: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar
observasi. Subyek dalam penelitianini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi
Tumbal Pemalang. teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap keterampilan
motorik halus anak, pada pratindakan, siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa
Anak yang sudah mampu tanpa bantuan guru, pada kondisi awal hanya 4 anak
(20%), pada siklus I meningkat menjadi 10 anak (50%), dan pada siklus II
terjadipenimngkatan secara signifikan yaitu 17 anak (85%). Anak yang sudah
mampu tetapi dengan bantuan guru, pada kondisi awal hanya 6 anak (30%), pada
siklus I menurun menjadi 4 anak (20%), dan pada sikjlus II terjadi penurunan lagi
menjadi 2 anak (10%). Anak yang belum mampu, pada kondisi awal hanya 10 anak
(50%), pada siklus I menurun menjadi 6 anak (30%), sedangkan pada siklus II anakl
yang belum mampu hanya 1 anak saja (5%).
Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan
menempel dengan media gambar dalam pembelajaraan dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Tumbal Pemalang.
Kata kunci: motorik halus, menempel, media gambar
203/PAUD/PUS/I/2023 | 203/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain