Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN METODE DEMONSTRASI DI TK PERTIWI CIBIYUK
Warningsih.2022. Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui
Kegiatan Mencap dengan Metode Demonstrasi di TK Pertiwi Cibiyuk.
Skripsi.ProgramStudi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVETSemarang
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus
anak di TK Pertiwi Cibiyuk Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang dalam
menyeubut kegiatan mencap. Anak masih banyakyang belum mampu mencap
dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya pelatihan dan pemanfataan media
untuk mencap yang variatif. Tujuan dari penelitian dari untuk mengetahui apakah
melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan motorik halus anak TK Pertiwi
Cibiyuk Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model initerdiri dari empat
komponen utama yang membentuk sebuah siklus. Keempat komponen tersebut
terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar
observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi
Cibiyuk Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik lembar observasi.
Hasil dari penelitian selama dua siklus menunjukkan bahwa motorik halus
anak dalam kegiatan mencap meningkat secara signifikan, yaitu pada prasiklus
anak yang berkembang dari 25% naik menjadi 50%, sedangkan pada pada siklus
II naik menjadi 80%. Anak yang cukup berkembang mengalami penurunan dari
25% menjadi 30% pada siklus II menurun lagi menjadi 10% sedangkan anak yang
kurang berkembang juga mengalami penurunan dari 50% menjadi 20% dan pada
siklus II menurun lagi menjadi 10%. Seara keseluruhan hasil pembelajaran siklus
II sudah optimal.
Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencap
disebabkan guru menggunakan metode demonstrasi secara optimal dan efektif dan
melibatkan anak secara total selama proses pembelajaran.
Kata kunci:motorik halus,mencap, demonstrasi
204/PAUD/PUS/I/2023 | 204/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain