Text
SKRIPSI : PENINGKATAN MORAL DENGAN MEDIA BORI KANEL (BONEKA JARI KAIN FLANEL) PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU FAIDLURROHMAN KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2022/2023
Peningkatan Moral dengan media bori kanel
(boneka jari kain flannel) pada anak kelompok B di TK Muslimat NU
Faidlurrohmsn 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang.
Peningkatan moral dengan media Bori kanel pada anak usia 5-6 tahun
kelompok B di TK Muslimat NU Faidlurrohman Kudus masih belum optimal.
Terdapat 7 dari 15 anak yang peningkatan moral masih belum berkembang secara
optimal dalam peningkatan moral. Hal ini dilihat dari anak yang belum optimal
dalam meningkatkan moral. Ada berbgai factor penyebab pekembangan moral
anak yang belum berkembang. Diantaranya kurang beragamnya media yang
digunakan dalam peningkatan moral. Dalam hal ini saya menggunakan media bori
kanel sebagai pemecahan masalah. Bori kanel memiliki keunggulan diantaranya
mudah di dapat, tidak menggunakan media biaya terlalu mahal dan yang pasti
aman untuk anak usiadini, sehingga bori kanel sangat cocok untuk peningkatan
moral anak usiadini.
Faktor-faktor yang menghambat peningkatan moral tidak lepas dari sifat
rasa bersalah dan rasa malu apabila bersikap dan berperilaku tidak seperti yang
diharapkan dan melanggar aturan. Keadaan situasi lingkungan, konteks individu,
atau kepribadian seseorang dalam konteks sosial atau cara berintraksi dengan
lingkungan sekitar dalam berteman.
Dengan menggunakan media boneka jari kain flanel, kemampuan moral
akan lebih meningkat. Anak-anak akan mempunyai semangat dan lebih aktif
dalam kegiatan bermain. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan, maka dapat
diketahui bahwa kegiatan bermain dengan media bori kanel ini dapat
meningkatkan kemampuan moral yang lebih baik lagi dari sebelumnya bagi anak
kelompok B di TK Muslimat NU Faidlurrohman Cendon Dawe Kudus Tahun
2022/2023.
Kata kunci : Kemampuan, moral, bermain bori kanel, media.
200/PAUD/PUS/I/2023 | 200/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain