Text
SKIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK PERTIWI PEDURUNGAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kognitif anak
mengenal konsep bilangan. tujuan penelitian dari kegiatan bermain kartu angka
adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif
melalui bermain kartu angka pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Pertiwi
Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Subyek dalam penelitian ini adalah 20 anak Kelompok B usia 5 – 6 tahun
TK Pertiwi Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian
yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak
Kelompok B usia 5 -6 tahun di TK Pertiwi pedurungan Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang dari 20 anak pada studi awal anak yang Belum Berkembang
(BB) 50%, Mulai Berkembang (MB) 20%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
20% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 10%. Kemudian setelah diadakan
perbaikan pada siklus I kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan, anak
yang Belum Berkembang (BB) 20%, mulai Berkembang (MB) 15%, Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) 30%, dan berkembang Sangat Baik (BSB) 35%. Kemudian
pada siklus II, kemampuan kognitif anak masih ada 10% yang Mulai Berkembang
(MB), 10% yang Berkembag Sesuai Harapan (BSH), dan 80% yang Berkembang
Sangat Baik (BSB).
Untuk memaksimalkan perkembangan kemampuan kognitif anak didik
kelompok B anak usia 5 – 6 tahun di TK Pertiwi pedurungan maka disarankan
bagi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenalkan konsep bilangan
melalui kartu angka sehingga dapat meningkatkankan kognitif anakdalam belajar
yang pada akhirnya dapat meningkatkan pula prestasi belajarnya secara umum.
Bagi sekolah untuk meningkatkan pengelolaan kegiatan belajar mengajar
sebaiknya melengkapi fasilitas media untuk menebalkan huruf sebagai penunjang
proses belajar mengajar agar dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Media, Kartu Angka.
217/PAUD/PUS/I/2023 | 217/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain