Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIS KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN TANAH LIAT PADA KELOMPOK B TK GAJAH MADA KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini di latar belakangi hasil observasi awal yang menunjukkan
adanya kemampuan berpikir simbolis konsep angka pada anak usia 5-6 tahun di
TK Gajah Mada yang masih rendah. Hal ini dikarenakan anak didik tidak
menggunakan teknik membuat angka dengan benar.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolis
konsep angka melalui permainan tanah liat pada kelompok B TK Gajah Mada
Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten.
Metode penelitian yang akan digunakan peneliti ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di
TK Gajah Mada Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten.
Berdasarkan hasil penelitian melalui Peningkatan kemampuan berpikir
simbolis konsep angka melalui permainan tanah liat pada kelompok B TK Gajah
Mada Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten mengalami peningkatan. Hal ini dapat
dilihat pada hasil penelitian siklus I sebesar 60 % dan pada Siklus II terjadi
peningkatan 86 %. Selanjutnya melalui penggunaan media tanah liat kemampuan
berpikir simbolis konsep angka pada kelompok B TK Gajah Mada Kecamatan
Ceper Kabupaten Klaten mengalami peningkatan.
Kata kunci : Berpikir Simbolis, Konsep Angka, Permainan Tanah Liat
228/PAUD/PUS/I/2023 | 228/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain