Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT TAMAN CENDEKIA JOGONALAN KABUPATEN KLATEN
“Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul
“Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Melalui Pembelajaran Berbasis
Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Taman Cendekia
Jogonalan Kabupaten Klaten”. Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2022/2023, 101 halaman.
Anak mampu berpikir logis merupakan salah satu tujuan pendidikan anak
usia dini. Aspek berpikir logis diantaranya adalah seriasi dan pola. Kemampuan
berpikir logis anak usia 5-6 tahun di TK IT Taman Cendekia Jogonalan Klaten
dalam mengurutkan benda dari besar ke kecil dan sebaliknya, serta menyusun
pola ABCD-ABCD berdasarkan bentuk, warna dan ukuran masih rendah. Hal ini
disebabkan karena keterbatasan media pembelajaran serta suasana belajar yang
kurang menarik minat belajar anak. Sehingga diperlukan inovasi dalam
pembelajaran guna menstimulasi dan meningkatkan kemampuan berpikir logis
anak, salah satunya melalui pembelajaran berbasis bahan alam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
peningkatan kemampuan berpikir logis melalui pembelajaran berbasis bahan alam
pada anak usia 5-6 Tahun di TK IT Taman Cendekia Jogonalan Kabupaten
Klaten, mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berbasis bahan alam dalam
meningkatkan kemampuan berpikir logis serta mendeskripsikan perubahan
perilaku pada anak saat peningkatan kemampuan berpikir logis melalui
pembelajaran berbasis bahan alam.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Subyek
penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK IT Taman Cendekia Jogonalan yang
berjumlah 13 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir logis pada
anak setelah adanya tindakan selama 2 siklus. Persentase ketuntasan kemampuan
berpikir logis anak pada Siklus I mencapai 53,8%, dan pada Siklus II mencapai
86,4%, dengan efektifitas 61,5%. Perubahan perilaku anak terlihat dari
peningkatan persentase keaktifan anak sebesar 29,2%. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun di TK IT
Taman Cendekia dapat dengan efektif ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis
bahan alam.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir logis, pembelajaran, bahan alam
225/PAUD/PUS/I/2023 | 225/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain