Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TIGA DIMENSI PADA ANAK KELOMPOK A5 DI RA AMANAH UMMAH 3 KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2022 / 2023
Mila (2023), Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Pemanfaatan Media Gambar
Tiga Dimensi pada Anak Kelompok A5 di Ra Amanah Ummah 3 Wonosari Klaten.
Skripsi. PG-PAUD Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Berdasarkan hasil penelitian observasi, ditemukan permasalahan pada
pembelajaran kosakata yaitu siswa mengalami kesulitan mengungkapkan kosakata,
ide, pikiran, perasaan. Kesulitan yang dihadapkan siswa seperti menggunakan kata.
Dari permasalahan tersebut tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan
menggunakan media gambar tiga dimensi meningkatkan keterampilan dalam
meningkatkan kosakata. Tujuan penelitia ini untuk mengetahui hasil belajar siswa
dalam mengenal kosakata dengan menggunakan media gambar tiga dimensi.
Metode penelitian menggunakan rancangan Peneliti Tindakan Kelas.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui hasil belajar kosakata siswa
melalui pemanfaatan media gambar tiga dimensi di RA Amanah Ummah 3
Wonosari Klatem; 2) mengetahui dan mendiskripsikan metode pembelajaran
melalui media gambar tiga dimensi di RA Amanah Ummah 3 Wonosari Klaten; 3)
mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana efekstifitas pembelajaran dengan
metode gembar tiga dimensi.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kosakata yang dicapai anak didik
kelompok A5 Ra Amanah Ummah 3 Wonosari Klaten lebih meningkat dibandikan
dengan sebelumnya dimana perkembangan kosakata anak hanya mencapai 50%,
namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita
dengan menggunakan media gambar tiga dimensi, pada siklus pertaman mengalami
peningkatan mencapai 75%, maka dari siklus kedua mengalami peningkatan
mencapai 85% dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target
penelitian 85%. Begitu pula dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan
metode bercerita, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pembelajaran melalui
metode bercerita dengan media gambar tiga dimensi dapat dikatakan berhasil dalam
rangka meningkatkan kemampuan kosakata anak, untuk itu disarankan pada semua
guru dapat memberikan kegiatan bercerita dengan bantuan media gambar tiga
demensi sehingga dapat menarik dan menyenagkan anak.
Kata Kunci : Meningkatkan kemampuan kosakata, Metode media gambar
tigadimensi
224/PAUD/PUS/I/2023 | 224/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain