Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR ASOSIATIF PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI YOGYAKARTA
Retno Winarni. NPM. 2621130113. Peningkatan Kemampuan Matematika
Permulaan Melalui Media Gambar Asosiatif Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun di
TK Alifa Muslim Montessori Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Anak Usia
Dini. Universitas IVET 2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah melalui media gambar asosiatif dapat meningkatkan kemampuan
matematika permulaan pada anak kelompok B di TK Alifa Muslim Montessori
Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Tempat penelitian adalah di TK Alifa Muslim
Montessori Yogyakarta. Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanan, penilaian dan refleksi. Pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian bahwa penggunaan media gambar asosiatif dapat
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan di kelompok
B TK Alifa Muslim Montessori Yogyakarta. Hal ini di dukung oleh adanya
peningkatan presentase kemampuan mengenal lambang bilangan dengan
menggunakan media gambar Asosiatif. Presentase keberhasilan kemampuan
mengenal lambang bilangan pada kondisi awal (prasiklus) sebesar 36% pada
kategori kurang kemudian pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 52%
pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84%
kategori baik. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 48% dari pratindakan
sampai dengan siklus II.
Kata Kunci: matematika permulaan, media gambar asosiatif.
218/PAUD/PUS/I/2023 | 218/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain