Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DENGAN PERMAINAN JAM PUTAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD ASSYIFA’ DESA WONOKERTO KEC. BANCAK KAB. SEMARANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal
angka dengan permainan jam putar pada anak usia 3-4 tahun Di PAUD Assyifa’
Desa Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Apakah dengan metode permainan jam putar dapat
meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak di PAUD Assyifa’ Desa
Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang?”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan tehnik analisis pengumpulan data menggunakan observasi dan
penilaian kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing
siklus terdapat (1)perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi, dan (4)
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan,
teman sejawat sebagai observer dan anak sebagai subyek, melalui kegiatan yaitu
kolase dengan media bijian untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka.
Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar
pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metodeanalisis data yang digunakan
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas
dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak
sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan jam
putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka dari presentase indikator
capaian siswa pada siklus 1 rata-rata anak Mulai Berkembang 50% sekitar 5 anak
dan Berkembang Sesuai Harapan 50% sekitar 5 anak, dan terjadi peningkatan
pada pelaksanaan tindakan pada siklus II dengan persentase capaian indikator
rata-rata siswa Mulai Berkembang 20% sekitar 2 anak sedangkan anak
Berkembang Sesuai Harapan 80% sekitar 8 anak. Dengan demikian penelitian ini
dinyatakan mencapai sesuai target.
.
.
Kata kunci : Permainan, Angka, Jam Putar
194/PAUD/PUS/I/2023 | 194/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain