Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA BALOK WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MASYITHOH IV TANJUNGSARI KRAGAN REMBANG
Sri Sudarti, NPM : 2621130127. “Peningkatan Kemampuan Mengenal
Warna Melalui Metode Tanya Jawab Dengan Media Balok Warna Pada
Anak Kelompok A TK Masyithoh IV Tanjungsari Kragan Rembang”.
Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ivet. Tahun Akademik 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode tanya
jawab dengan media balok warna dalam meningkatkan kemampuan mengenal
warna anak di TK Masyithoh IV Desa Tanjungsari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok A di TK
Masyithoh IV Desa Tanjungsari Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah murid
14 anak yang terdiri dari 2 anak laki– laki dan 12 anak perempuan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa,media balok warna
dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak kelompok A di TK
Masyithoh IV Desa Tanjungsari. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada
siklus II yang menunjukkan bahwa banyak anak yang masuk dalam kategori
Tuntas sabanyak 93 % , sedangkan anak yang masuk kategori Tidak Tuntas
sebanyak 1 anak atau 7 %.Secara klasikal, hasil penelitian pada siklus II ini sudah
melebihi indikator yang telah ditentukan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penilaian
tiap siklus tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan tanya jawab dengan
media balok warna mampu meningkatkan mengenal warna anak di TK Masyithoh
IV Desa Tanjungsari.
Kata kunci : Kemampuan Mengenal Warna, Media Balok Warna
136/PAUD/PUS/I/2023 | 136/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain