Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA MELALUI METODE EJA PADA ANAK KELOMPOK B RA ARROHIMIYAH DESA BABAKTULUNG KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eja dengan
media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di
Kelompok B RA Arrohimiyah Desa Babak Tulung Kecamatan Sarang Kabupaten
Rembang.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel
yakni kemampuan membaca permulaan dan media kartu kata melalui metode eja.
Penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan
yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik dari siswa yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 perempuan dan
9 laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B RA Arrohimiyah Babaktulung
Rembang dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata melalui metode eja. Hal ini
dapat dibuktikan dari hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan. Pada kondisi
Prasiklus rata-rata ketercapaiannya sebesar 20% dan mengalami peningkatan sebesar
40% sehingga pada Siklus I mencapai 60% dan pada Siklus I sampai Siklus II mengalami
peningkatan sebesar 25% sehingga pada Siklus II mencapai skor 85%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, peneliti menyampaikan
saran bagi guru, diharapkan Pendidik dapat menggunakan media kartu kata sebagai
alternatif media pembelajaran membaca permulaan, jenis huruf yang dipakai sebaiknya
menggunakan huruf kecil, karena huruf kecil banyak digunakan dalam teks bacaan.
Pembelajaran menggunakan media kartu kata dapat disesuaikan dengan tema
pembelajaran tiap minggunya.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Kartu Kata, Metode Eja
133/PAUD/PUS/I/2023 | 133/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain