Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MI-MI NDONG PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB MAWAR DESA RINGINPITU KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN
Pelaksanaan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menggambarkan
penggunaan permainan mi-mi ndong dalam meningkatkan motorik kasar anak di
KB Mawar Desa Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. 2)
Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motorik kasar KB Mawar Desa
Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan melalui permainan
mi-mi ndong. 3) Untuk memaparkan perubahan perilaku apa yang tampak pada
anak di KB Mawar Desa Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten
Grobogan melalui permainan mi-mi ndong.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan
kualitas pendidikan terutama proses dan hasil belajar Peserta didik pada level
kelas. PTK juga berguna bagi Pendidik untuk menguji suatu teori pembelajaran,
apakah sesuai dengan kondisi kelas yang dihadapi atau tidak. Melalui PTK
Pendidik dapat memilih dan menerapkan teori atau strategi pembelajaran yang
paling sesuai dengan kondisi kelasnya. Hal ini perlu disadari karena setiap proses
pembelajaran biasanya dihadapkan pada konteks tertentu yang bersifat khusus.
Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak usia 3-4 tahun di KB Mawar
Desa Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan yang berjumlah
18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Hasil penelitian yang berjudul Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar
Melalui Permainan Mi-Mi Ndong Pada Anak Usia 3-4 Tahun KB Mawar Desa
Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan terbukti bahwa : 1)
Kemampuan motorik kasar pada Pra Siklus sebesar 22%, pada Siklus I sebesar
56%, dan pada Siklus II sebesar 89%. 2) Efektivitas peningkatan motorik kasar
melalui permainan Mi-Mi ndong adalah dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 34%,
dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 55%. 3) Perubahan perilaku sosial anak saat
peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan mi-mi ndong terlihat
pada keaktifan anak pada Pra Siklus adalah sebesar 22%, pada Siklus I sebesar
56%, dan pada Siklus II sebesar 89%.
Kata Kunci: Motorik Kasar, Bermain, MI-MI Ndong.
142/PAUD/PUS/I/2023 | 142/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain