Text
PENINGKATAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DINGKLIK OGLAK-AGLIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GUNUNG DORA DESA KEDUNGJATI KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN
Latar belakang penelitian: sebagian anak KB Gunung Dora Desa Kedungjati
ada yang sosial emosionalnya belum digali dan dimanfaatkan secara maksimal,
sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai kolaborator untuk melakukan
tindakan kelas melalui metode permainan tradisonal dingklik oglak-aglik untuk
meningkatkan sosial emosional anak.
Rumusan masalah penelitian adalah “Apakah penggunaan media permainan
tradisional dingklik oglak-aglik dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional
pada anak usia 3-4 tahun KB Gunung Dora Desa Kedungjati Kecamatan Kedungjati
Kabupaten Grobogan”?
Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada
anak usia 3-4 tahun KB. Gunung Dora Desa Kedungjati kecamatan Kedungjati
Kabupaten Grobogan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Gunung Dora Desa
Kedungjati yang berjumlah 18 anak dengan teknik pengumpulan data: observasi dan
dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Penerapan metode permainan tradisonal dingklik oglak-aglik
efektif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak KB Gunung
Dora Kedungjati setelah dilakukan tindakan hingga pada siklus II yang memberikan
hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat
baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak
secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% <
90,27% > 85% maka hipotesis tindakan: “Melalui permainan tradisional dingklik
oglak-aglik dapat meningkatkan sosial emosional bagi anak usia 3-4 tahun di KB
Gunung Dora Desa Kedungjati Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023” dinyatakan terbukti.
Kata kunci: sosial emosional, dingklik oglak-aglik.
147/PAUD/PUS/I/2023 | 147/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain