Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA MELALUI METODE EJA PADA ANAK KELOMPOK B RA ARROHIMIYAH DESA BABAKTULUNG KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBAN

Text

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA MELALUI METODE EJA PADA ANAK KELOMPOK B RA ARROHIMIYAH DESA BABAKTULUNG KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBAN

Nurul Khikmawati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eja dengan
media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di
Kelompok B RA Arrohimiyah Desa Babak Tulung Kecamatan Sarang Kabupaten
Rembang.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel
yakni kemampuan membaca permulaan dan media kartu kata melalui metode eja.
Penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan
yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik dari siswa yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 perempuan dan
9 laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B RA Arrohimiyah Babaktulung
Rembang dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata melalui metode eja. Hal ini
dapat dibuktikan dari hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan. Pada kondisi
Prasiklus rata-rata ketercapaiannya sebesar 20% dan mengalami peningkatan sebesar
40% sehingga pada Siklus I mencapai 60% dan pada Siklus I sampai Siklus II mengalami
peningkatan sebesar 25% sehingga pada Siklus II mencapai skor 85%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, peneliti menyampaikan
saran bagi guru, diharapkan Pendidik dapat menggunakan media kartu kata sebagai
alternatif media pembelajaran membaca permulaan, jenis huruf yang dipakai sebaiknya
menggunakan huruf kecil, karena huruf kecil banyak digunakan dalam teks bacaan.
Pembelajaran menggunakan media kartu kata dapat disesuaikan dengan tema
pembelajaran tiap minggunya.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Kartu Kata, Metode Eja


Ketersediaan
134/PAUD/PUS/I/2023134/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
134/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Nurul Khikmawati
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA MELALUI METODE EJA PADA ANAK KELOMPOK B RA ARROHIMIYAH DESA BABAKTULUNG KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik