Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA DENGAN MEDIA MENARIK GARIS PADA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA YKU 12 SUMURPULE KRAGAN REMBANG
Berdasarkan observasi diketahui siswa kelompok A di RA YKU 12
Sumurpule Kragan Rembang mengalami kesulitan dalam kemampuan berhitung
anak 1-10. Hal ini ditandai dengan kurangnya respon anak ketika belajar
berhitung, kondisi hasil belajar dari 20 anak baru 8 anak atau 40% paham
lambang bilangan dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sedangkan
12 anak atau 60% belum paham lambang bilangan atau dengan kategori BB dan
MB. Pemilihan metode untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak perlu
diperbaiki oleh guru. Salah satu metode berhitung yang menyenangkan dan
mudah diterapkan bagi anak adalah metode jarimatika. Tujuan penelitian ini
adalah penerapan metode jarimatika dengan media menarik garis pada gambar
untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A di RA YKU 12
Sumurpule Kragan Rembang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya berupa Perencanaan,
Pelaksanaan, Hasil pengamatan, dan Refleksi. Penelitian Tindakan kelas ini
dilakukan pada 14 anak dimana7 perempuan dan 7 laki-laki. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar tiap siklusnya semakin meningkat. Hasil
penelitian pada siklus I anak yang memiliki kemampuan berhitung kategori MB
ada 5 anak atau 5%, BSH ada 14 anak atau 70%. Meskipun pada siklus I ini
mengalami kenaikan 70% yang terdiri dari kategori BSB dan BSH, dan pada
siklus II jumlah anak yang memiliki kemampuan berhitng dengan kategori BSB
ada 13 anak atau 65%, dan BSH ada 7 anak atau 35%. Pada siklus II ini
mengalami kenaikan 100%, maka hasil tersebut sudah di atas indikator kriteria
ketuntasan yaitu 75%..
Kata Kunci: Kemampuan, Berhitung, Metode Jarimatika
139/PAUD/PUS/I/2023 | 139/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain