Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA DENGAN MEDIA MENARIK GARIS PADA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA YKU 12 SUMURPULE KRAGAN REMBANG

Text

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA DENGAN MEDIA MENARIK GARIS PADA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA YKU 12 SUMURPULE KRAGAN REMBANG

ZUMROTUL FUADAH - Nama Orang;

Berdasarkan observasi diketahui siswa kelompok A di RA YKU 12
Sumurpule Kragan Rembang mengalami kesulitan dalam kemampuan berhitung
anak 1-10. Hal ini ditandai dengan kurangnya respon anak ketika belajar
berhitung, kondisi hasil belajar dari 20 anak baru 8 anak atau 40% paham
lambang bilangan dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) sedangkan
12 anak atau 60% belum paham lambang bilangan atau dengan kategori BB dan
MB. Pemilihan metode untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak perlu
diperbaiki oleh guru. Salah satu metode berhitung yang menyenangkan dan
mudah diterapkan bagi anak adalah metode jarimatika. Tujuan penelitian ini
adalah penerapan metode jarimatika dengan media menarik garis pada gambar
untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A di RA YKU 12
Sumurpule Kragan Rembang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya berupa Perencanaan,
Pelaksanaan, Hasil pengamatan, dan Refleksi. Penelitian Tindakan kelas ini
dilakukan pada 14 anak dimana7 perempuan dan 7 laki-laki. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar tiap siklusnya semakin meningkat. Hasil
penelitian pada siklus I anak yang memiliki kemampuan berhitung kategori MB
ada 5 anak atau 5%, BSH ada 14 anak atau 70%. Meskipun pada siklus I ini
mengalami kenaikan 70% yang terdiri dari kategori BSB dan BSH, dan pada
siklus II jumlah anak yang memiliki kemampuan berhitng dengan kategori BSB
ada 13 anak atau 65%, dan BSH ada 7 anak atau 35%. Pada siklus II ini
mengalami kenaikan 100%, maka hasil tersebut sudah di atas indikator kriteria
ketuntasan yaitu 75%..
Kata Kunci: Kemampuan, Berhitung, Metode Jarimatika


Ketersediaan
139/PAUD/PUS/I/2023139/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
139/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
ZUMROTUL FUADAH
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE JARIMATIKA DENGAN MEDIA MENARIK GARIS PADA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA YKU 12 SUMURPULE KRAGAN REMBANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik