Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENGENALAN KEAKSARAAN AWAL MENGGUNAKAN MEDIA PLASTISIN PADA KELOMPOK A DI TK EDI PENI DESA GRAWAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN REMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dengan menggunakan
media plastisin dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui pengenalan
keaksaraan awal pada kelompok A di TK Edi Peni 1 Desa Grawan Kecamatan Kabupaten
Rembang.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel
yakni meningkatkan kemampuan kognitif dan menggunakan media plastisin. Penelitian
tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni
tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi
(reflecting). Subyek yang diteliti dalam penelitian adalah anak-anak pada kelompok A di
TK Edi Peni 1 Desa Grawan Kecamatan Kabupaten Rembang sebanyak 20 anak, yang
memiliki kecenderungan kemampuan kognitifnya melalui pengenalan keaksaraan awal
masih rendah untuk kemudian dilakukan perlakuan menggunakan media plastisin dalam
rangka meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pada siklus I anak
yang memiliki kemampuan kognitif anak dalam kegiatan pengenalan keaksaraan awal
menggunakan media plastisin dengan kategori BSB ada 0 anak atau 0%, BSH ada 11 anak
atau 55%, kategori MB ada 4 anak atau 20% dan yang memiliki kemampuan kognitif
dengan kategori BB ada 5 anak atau 25%. Meskipun pada siklus I ini mengalami kenaikan
55%, tetapi hasil tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan yaitu 80%. Sedangkan pada
siklus II anak yang memiliki kemampuan kognitif pengenalan keaksaraan awal
menggunakan media plastisin dengan kategori BSB ada 9 anak atau 45%, BSH ada 9 anak
atau 45%, kategori MB ada 2 anak atau 10% dan yang memiliki kemampuan kognitif
dengan kategori BB ada 0 anak atau 0%. Pada siklus II ini mengalami kenaikan 90%,
makai hasil tersebut sudah di atas kriteria ketuntasan yaitu 80%.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada guru kelas sebagai ”kunci sentral” dalam pelaksanaan
pembelajaran, sebaiknya memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan
menggunakan media plastisin dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif melalui
pengenalan keaksaraan awal. Karena anak memang harus dengan melihat dan
melakukan sendiri untuk dapat berhasil belajarnya, sehingga nanti efektivitas dari hasil
penelitian ini dapat terus berlangsung dengan baik.
Kata Kunci : kemampuan kognitif, keaksaraan awal, media plastisin
138/PAUD/PUS/I/2023 | 138/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain