Text
PERMAINAN COOKING CLASS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK ARUMSARI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
Latar Belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang digunakan saat ini
cenderung mengarah pada kegiatan yang kurang kreatif dan inovatif, seperti
menulis, mewarnai, sehingga kemampuan motorik halus anak masih belum
berkembang dengan baik, sehinga kemampuan motorik halus anak masih rendah,
dan KBM yang dilakukan tiap hari kebanyakan menggunakan LKA.
Oleh karena itu, peneliti ingin mengadakan suatu perubahan kegiatan
pembelajaran agar lebih menyenangkan dan dapat mencapai hasil yang
diharapkan yaitu dengan mengajak anak-anak dalam permainan memasak
(cooking class). Permainan cooking class dilaksanakan salah satunya untuk
mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Pada kegiatan permainan
cooking class atau belajar tentang masak–memasak yang didalamnya tercakup
mulai dari perencanaan sampai bahan tersebut siap disajikan, namun pada
kegiatan bermain cooking class disini dilakukan dengan menggunakan bahan
non-riil atau menggunakan playdough.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
Permainan Cooking Class untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik halus anak
Kelompok A (4-5 Tahun) di TK Arumsari Kecamatan Tengaran Kabupaten
Semarang. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus
dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah anak di TK Arumsari yang berjumlah 9 anak, melalui
pengambilan data: dokumentasi, observasi, dan demonstrasi, sedangkan analisis
data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Penerapan Permainan Cooking Class untuk Meningkatkan
Keterampilan Motorik halus anak Kelompok A (4-5 Tahun) di TK Arumsari
Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang diperoleh dari skor tindakan padsa
siklus II yang diperoleh 7 atau 77,78 %, sedangkan indikator keberhasilan
ditetapkan minimal secara individu dan klasikal mendapatkan skor rata-rata
sebesar 75%. Karena 77,78 % > 75 % maka hipotesis tindakan: “Melalui metode
Permainan Cooking Class dapat meningkatkan Keterampilan Motorik halus anak
Kelompok A (4-5 Tahun) di TK Arumsari Kecamatan Tengaran Kabupaten
Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023” dinyatakan diterima
atau terbukti.
Kata kunci : Permainan, Cooking class, Motorik Halus
189/PAUD/PUS/I/2023 | 189/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain