Text
PENINGKATAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI KB ANGGREK DESA TOLOKAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan mengenal angka 1-10 pada
Anak KB Anggrek Tolokan Getasan masih rendah atau mengalami kelemahan,
Dalam peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 tersebut, peneliti sebagai
observer bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai kolabolator melakukan tindakan
dengan menerapkan metode bermain cublak-cublak suweng.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui metode bermain cublak –cublak suweng
pada peserta didik KB Anggrek Tolokan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus
terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Anggrek Tolokan Getasan yang
berjumlah 15 anak, melalui pengambilan data: dokumentasi, observasi, dan
demonstrasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil
penelitian: Penerapan metode bermain cublak-cublak suweng efektif dapat
meningkatkan kemampuan koqnitif pada anak KB AnggrekTolokan Getasan
diperoleh dari skor rata-rata tindakan padsa siklus II yang diperoleh 12 atau 85%,
sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu dan klasikal
mendapatkan skor rata-rata sebesar 75%, karena 75% < 85% maka hipotesis
tindakan: “Melalui metode bermain cublak –cublak suweng dapat meningkatkan
kemampuan koqnitif dalam mengenal angka 1-10 bagi anak KB Anggrek Tolokan
Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang pada semester genap tahun ajaran
2022/2023” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: koqnitif,cublak-cublak suweng
180/PAUD/PUS/I/2023 | 180/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain