Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS DI KELOMPOK A TK REMAJA BARU DESA TOLOKAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
Suryati
NPM : 2620230347
PENINGKATAN SOSIAL EMOSI ANAK MELALUI PERMAINAN
TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS DI KELOMPOK A TK REMAJA BARU
DESA TOLOKAN KECAMATN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
UNIVERSITAS IVET SEMARANG
TAHUN 2023
Kemampuan sosial emosi anak usia dini perlu ditingkatkan melalui Permainan
yang menarik untuk anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan sosial emosional melalui permainan tradisional kucing dan tikus pada
anak usia dini 4-5 tahun di TK Remaja Baru Desa Tolokan Kecamatan Getasan
Kabupaten Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini anak usia dini 4-5 tahun di
TK Remaja Baru Desa Tolokan Kecamatan Getasan dengan peserta didik 15 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis
secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak
menjadi meningkat melalui permainan tradisional kucing dan tikus, sebelum diadakan
tindakan terdapat 12 anak dalam setiap indikator dengan kriteria belum berkembang
dan 3 anak dalam kreteria sudah berkembang sesuai harapan. Melalui permainan
tradisional kucing dan tikus kemampuan sosial emosi anak meningkat menjadi 12 anak
dengan dengan kreteria berkembang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan
peningkatan kemampuan sosial emosional yang didapat pada Siklus I terdapat dan pada
Siklus II peningkatan kemampuan sosial emosional Adapun langkah-langkah dalam
penerapan kegiatan permainan kucing dan tikus. Guru menyiapkan bahan ajar yang
akan disampaikan, Guru mengajak anak melakukan kegiatan Permaina kucing dan
Tikus, Guru memberi contoh atau arahan terlebih dahulu dalam melakukan permainan ,
Guru melakukan demontrasi terhadap anak dan Guru melakukan evaluasi kembali
terhadap anak, tetapi guru sudah mengantisipasi setiap kelemahan didalam langkahlangkah permainan tradisonal kucing dan tikus sehingga Kemampuan Sosial Emosi
anak sudah optimal.
Kata Kunci : Sosial Emosi , Permainan kucing dan Tikus
181/PAUD/PUS/I/2023 | 181/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain