Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KONSEP MEMBILANG MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK A TK PERTIWI BANJARAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Permainan ular tangga pada anak di PAUD sebagai bantuan yang
diberikan kepada anak dalam perkembangan kognitif yang optimal dengan
tujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak dalam memperoleh
pengetahuan, kemampuan memecahkan masalah, mengembangakan kemampuan
logika diharapkan dapat memiliki pemahaman yang baik terhadap informasi,
dalam hal ini gambar yang disajikan mampu membandingkan dan membedakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk membuktikan peningkatan
kemampuan mengenal konsep membilang menggunakan permainan media ular
tangga pada anak didik kelompok A di TK Banjaran Salatiga. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK, sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok Adi TK Banjarsari Salatuga.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan
dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan yaitu dengan melakukan penelitian
siklus 1 dan siklus 2. Hasil dari penelitian ini yaitu permainan ular tangga dapat
meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK
Pertiwi Banjaran Kota Salatiga. Hal ini dapat di buktikan dengan meningkatnya
kemampuan mengenal konsep bilangan anak. kemampuan awal sebelum tindakan
menunjukkan jumlah skor keseluruhan dengan kriteria tidak baik/belum
berkembang(BB) setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan
dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 70% dengan kriteria cukup/
berkembang sesuai harapan (BSH Setelah dilakukan tindakan pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar dengan menunjukkan jumlah skor keseluruhan
80% dengan kriteria baik/ berkembang sesuai baik (BSB). Telah terlaksana
dengan baik sehingga indikator keberhasilan dapat dicapai.
Kata Kunci: Berhitung, Pendidikan Anak, Permainan Ular Tangga
184/PAUD/PUS/I/2023 | 184/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain