Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI PERMAINAN BONEKA TANGAN DI TK SIWI PENI KALIWUNGU TAHUN PELAJARAN 2022 /2023
Latar belakang penelitian ini adalah Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini
tidak di peroleh secara sempurna melainkan berkembang secara bertahap. Di
mulai sejak masa kanak-kanak hingga dewasa berdasarkan hasil pengamatan,
peneliti melihat keadaan di TK Siwi Peni Kaliwungu, bahwa anak didik tersebut
masih kurang dalam perkembangan bahasa dan kurang baiknya dalam bahasa
sehari-hari. Kemampuan bahasa anak masih lemah sehingga dalam peningkatan
kemampuan bahasa tersebut, peneliti sebagai observer bekerjasama dengan guru
kelas lain sebagai kolabolator melakukan tindakan dengan menerapkan metode
bermain melalui permainan boneka tangan.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan membuktikan peningkatan
kemampuan bahasa anak melalui permainan boneka tangan di TK siwi peni
kaliwungu.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan : perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di TK Siwi
Peni Kaliwungu yang berjumlah 35 anak, melalui pengambilan data :
dokumentasi, wawancara dan observasi, sedangkan analisis data digunakan
analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian : Penerapan metode permainan dengan boneka tangan
dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di TK Siwi peni kaliwungu
diperoleh dari skor rata-rata tindakan pada siklus II yang diperoleh 25 atau 83%
sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu dan klasikal
mendapatkan skor rata-rata sebesar 80%, karena 80%
177/PAUD/PUS/I/2023 | 177/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain