Text
SKRIPSI : PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PAHLAWAN NASIONAL RA. KARTINI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB DARUSSALAM DESA JUMO KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN
Latar belakang penelitian: sebagian anak KB Darussalam Desa Jumo
memiliki kemampuan berbicara yang belum maksimal, sehingga peneliti
melakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan metode bermain peran
pahlawan nasional untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Rumusan Masalah: Bagaimana penerapan metode bermain pahlawan
nasional RA. Kartini dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada peserta
didik KB Darussalam desa Jumo kecamatan kedungjati kabupaten grobogan.
Tujuan penelitian: untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan
metode bermain pahlawan nasional RA. Kartini dapat meningkatkan
kemampuan berbicara pada peserta didik KB Darussalam Desa Jumo Kecamatan
Kedungjati Kabupaten Grobogan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Darussalam Desa
Jumo yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif
persentase.
Simpulan hasil penelitian: Penerapan metode bermain peran pahlawan
nasional RA. Kartini efektif dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak anak KB Darussalam Jumo setelah dilakukan tindakan hingga siklus II yang
memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria
berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk
perolehan skor anak secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat
persamaan: 75% < 90,27% > 85% maka hipotesis tindakan: “Penerapan
metode bermain peran pahlawan nasional RA. Kartini dapat meningkatkan
kemampuan berbicara pada peserta didik KB Darussalam Desa Jumo Kecamatan
Kedungjati Kabupaten Grobogan” dinyatakan diterima.
Kata kunci: kemampuan berbicara, bermain peran.
146/PAUD/PUS/I/2023 | 146/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain