Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBUATAN POP-UP BOOK SEDERHANA PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI BUMIREJO

Text

SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBUATAN POP-UP BOOK SEDERHANA PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI BUMIREJO

SRI SUHARYANTI - Nama Orang;

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan
motorik halus anak usia dini pada Kelompok A di TK Pertiwi Bumirejo melalui
kegiatan pembuatan pop-up book sederhana.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua
pertemuan. Subjek penelitiannya anak TK Pertiwi Bumirejo sebanyak 15 anak
yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian adalah
kemampuan motorik halus. Adapun data yang diperoleh merupakan hasil observasi
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembuatan pop-up
book sederhana dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Hal
ini terbukti sebelum kegiatan pembuatan pop-up book sederhana, kemampuan
motorik halus pada anak rata-rata anak belum tuntas dalam pembelajaran dan
setelah kegiatan pembautan pop-up book sederhana, kemampuan motorik halus
pada anak rata-rata ketuntasannya pada siklus I pertemuan 1 mencapai 20% dan
pada siklus I pertemuan 2 mencapai 40%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat
menjadi 66,66% dan siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 86,66%. Selain hasil
ketuntasan belajar anak, kinerja guru pun mengalami peningkatan, hal ini terbukti
pada siklus I pertemuan I kinerja guru mencapai 50% dan pada siklus I pertemuan
2 mencapai 67,64%. Pada siklus II pertemuan I kinerja guru meningkat menjadi
75% dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 91,17%.
Saran dalam penelitian ini adalah guru harus menggunakan metode dan
media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kata Kunci : Motorik Halus, Pop-Up Book Sederhana


Ketersediaan
161/PAUD/PUS/I/2023161/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
161/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
SRI SUHARYANTI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBUATAN POP-UP BOOK SEDERHANA PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI BUMIREJO
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik