Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESI ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MEDIA WAYANG DIORAMA DI PAUD AL-HIDAYAH BANCAK KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Bahasa
ekspresi anak di PAUD Al-Hidayah Desa Bancak dengan wayang diorama. Adapun
untuk rumusan masalah untuk penelitian ini yaitu “Bagaimana Peningkatan
Kemampuan Bahasa Ekspresi Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Al-Hidayah Bancak
Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang dengan media Wayang Diorama”.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan tehnik analisis pengumpulan data menggunakan observasi dan
penilaian kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing
siklus terdapat (1)perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi, dan (4)
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan, teman
sejawat sebagai observer dan siswa di PAUD Al-Hidayah yang beralamatkan di
Dusun Ngentak Rt 002/013 Desa bancak Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang
dengan jumlah 12 anak, melalui kegiatan yaitu bercerita/mendongeng dengan
media wayang diorama untuk meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresi anak.
Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar
pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metodeanalisis data yang digunakan
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas
dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak
sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan
bercerita/mendongeng dengan media wayang diorama untuk meningkatkan
kemampuan Bahasa ekspresi anak di PAUD Al-Hidayah Desa Bancak dari
presentase indikator capaian anak pada siklus 1 rata-rata anak Mulai Berkembang
58.33% sekitar 7 anak dan Berkembang Sesuai Harapan 41,66% sekitar 5 anak,
dan terjadi peningkatan pada pelaksanaan tindakan pada siklus II dengan persentase
capaian indikator rata-rata siswa Mulai Berkembang 25% sekitar 3 anak sedangkan
anak Berkembang Sesuai Harapan 75% sekitar 9 siswa.
Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran
dengan media wayang diorama dapat meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresi
anak di PAUD Al-Hidayah Desa Bancak karena telah mencapai target dan berhasil
sesuai dengan indikator capaian penelitian sebesar 75%.
.
Kata kunci : Wayang, Diorama, Bahasa, Ekspresi
166/PAUD/PUS/I/2023 | 166/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain