Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MENGENAL HURUF DENGAN MEDIA KARTU HURUF DI TKIT DINA PRATAMA KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR
Narni, NPM 2621130229” Peningkatan Kemampuan
Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun dalam Mengenal Huruf dengan
Media Kartu Huruf di TKIT Dina Pratama Kecamatan
Gondangrejo Kabupaten Karanganyar” skripsi, Pendidikan
Guru- Pendidikan Anak Usia Dini, Falkutas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, 2023.
Kemampuan pengenalan huruf dan kata untuk anak
usia 4-5 tahun di TKIT Dina Pratama belum mengalami
perkembangan dengan baik. Dari 14 anak ketuntasan dalam
kemampuan mengenal huruf dan kata 3 anak, sedangkan yang
lain mengalami perkembangan untuk BB 8 anak, MB 3 anak.
Dalam kegiatan pra siklus kemampuan bahasa dan mengenal
huruf serta kata belum berkembang secara optimal karena
dalam kegiatan tersebut masih menggunakan cara yang tidak
menarik untuk peserta didik, kemudian dilakukan PTK atau
Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek 14 anak dengan
menggunakan kartu huruf yang memiliki 2 siklus, setiap
siklusnya terdapat 2 pertemuan. Kedua siklus tersebut
dilaksanakan selama 2 minggu.
Pada siklus I pertemuan I, memiliki tingkat ketuntasan
5 anak untuk BSH dengan prosentase 35.71% dalam
kemampuan peningkatan bahasa serta mengenal huruf dan
kata, selain pada siklus I pertemuan I, dengan pembelajaran
meniru tulisan yang ada pada gambar dengan spidol.memiliki
anak dengan ketuntasan BB 7 anak dengan 50%, MB 2 anak
dengan 14,29%, karena hasilnya belum optimal dilanjutkan
dengan penelitian pada siklus I pertemuan II menggunakan
pembelajaran menggunakan plastisin dengan capaian
ketuntasan 7 anak(BSH) memiliki prosentase 50%MB 3anak
dengan prosentase 21.43% BB 4 anak 28.57%. karena hasil
ketuntasan belum maksimal dilanjut dengan Siklus II
Pertemuan I menggunakan cara meyusun huruf dengan kartu
huruf menjadi kata, mempunyai tingkat ketuntasan BSH 9
anak atau 64.28%. BB 3 anak mencapai 21.43%, dan MB 2
anak mencapai 14.29%. dari hasil tersebut maka untuk
kemampuan bahasa dengan mengenal huruf dan kata sudah
mengalami peningkatan namun masih belum optimal, maka
dilanjutkan dengan siklus II pertemuan II yang menggunakan
kegiatan mengisi huruf melalui kartu huruf pada kotak yang
hilang, mencapai tingkat ketuntasan BSH 12 anak dengan
prosentase 85.72%, MB 1 anak prosentase 7.14% serta BB 1
anak prosentase 7.14 %. Sehigga dapat disimpulkan pada
penelitian ini untuk kemampuan bahasa mengenal huruf dan
v
kata untuk usia 4-5 tahun di TKIT Dina Pratama Kecamatan
Gondangrejo Kabupaten Karanganyar dapat meningkat
dengan baik serta mengalami ketuntasan melalui kegiatan
bermain kartu huruf.
Kata kunci : Kemampuan Bahasa, kartu huruf dan anak usia dini
171/PAUD/PUS/I/2023 | 171/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain