Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SENYUM ANANDA DESA JATIREJO KEC JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR
Kartini 2621130065 ”Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam
Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Kartu Angka Pada anak
Uaia 3-4 Tahun Di KB Senyum Ananda Desa Jatirejo Kec Jumapolo Kabupaten
Karanganyar” Skripsi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas IVET Semarang, 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam
mengenal lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di KB Senyum Ananda.
Apakah kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 dalam
mengenal lambang angka 1-10? Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat
dirumuskan suatu permasalahan yaitu: Apakah kartu angka dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak usia 3-4 dalam mengenal lambang bilangan 1-10?
Adapun Manfaat penelitian ini secara Teoritis, Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan bahan referensi baru dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) khususnya dalam hal mengenaldan menyebutkan lambang bilangan 1-10.
Manfaat Praktis bagi anak dapat memberikan dasar pembelajaran untuk mengenal
lambang bilangan 1-10 kepada anak dan mengekfetifkan dan mendalami
penguasaan materi berhitung melalui penggunaan permainan kartu Angka.
Adapun subjek penelitian ini adal siswa KB Senyum Ananda Tahun Ajaran
2022/2023 yang berjumlah 12 anak dengan 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Adapun metode ang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan siklus yang
dilakukan 2 siklus, dalam kegiatan siklus yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2)
Pelaksanaan,3) Observasi, 4)Refleksi.
Dari penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus, pada awal pra siklus anak
belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-10, pada pra siklus ini anak belum
mampu menyebutkan lambang bilangan secara urut, yang penilainya adalah BB:10,
MB 2, BSH :0 dan BSB: 0. Dan mengalami peningkatan di siklus 2 menjadi BB: 7,
MB ;3 BS H: 2 BSB: 0 kemudian melakukan refleksi di siklus 1 ini yang hasilnya
di gunakan sebagai dasar pelaksanaan siklus 2, dan hasil penilain di siklus 2 adalah
BB 0, MB 0,BSH 9 dan BSB 3. Dan di siklus ini anak sudah banyak mengalami
peningkatan, dan penilaian kinerja guru juga mengalami peningkatan dari 3,53% di
siklus 1 menjadi 4,19% di siklus 2.
Kata Kunci: Perkembangan, Kognitif Anak, Kartu Angka
165/PAUD/PUS/I/2023 | 165/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain