Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PARTS TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KRADENAN KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan mengenal angka 1-10 pada
Anak Kelompok A TK.Dharma Wanita Kradenan masih rendah atau mengalami
kelemahan, Dalam peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 tersebut, peneliti
sebagai observer bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai kolabolator
melakukan tindakan dengan menerapkan metode bermain melalui media tutup
botol.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kemampuan mengenal angka 1-10 melalui metode bermain dengan media tutup
botol pada peserta didik TK Dharma Wanita Kradenan Kecamatan Kaliwungu
Kabupaten Semarang.Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2
(dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah anak di TK Dharma Wanita Kradenan yang
berjumlah 15 anak, melalui pengambilan data: dokumentasi, observasi, dan
demonstrasi, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase. Hasil
penelitian: Penerapan metode bermain dengan media tutup botol efektif dapat
meningkatkan kemampuan membilang pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita
Kradenan diperoleh dari skor rata-rata tindakan padsa siklus II yang diperoleh 12
atau 85%, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu
dan klasikal mendapatkan skor rata-rata sebesar 75%, karena 75% < 85% maka
hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain dengan media tutup botol dapat
meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 bagi anak Kelompok A TK
Dharma Wanita Kradenan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang pada
semester ganjil tahun ajaran 2022/2023” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: Mengenal angka, media tutup botol
163/PAUD/PUS/I/2023 | 163/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain